Rumah Herbal An Naja menyediakan berbagai macam produk obat Herbal. Melayani Grosir Maupun Eceran

Selasa, 24 April 2012

Khasiat Buah Jambu Biji Merah



gambar Buah Jambu Biji Merah
Jambu biji yang bernama latin psidium guajava tersebar meluar sampai ke Asia Tenggara melalui Indonesia, sampai Asia Selatan, India, dan Srilangka. Warna buahnya yang merah (itu sebabnya buah ini disebut juga buah Jambu Biji Merah) memang cukup memikat. Rasanya juga manis. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut.
Jambu biji termasuk tanaman perdu, jadi memang bukan sembarang jenis tanaman. Batangnya memiliki banyak cabang dan rantingnya sangat keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji merah berwarna coklat dan licin. Jika kulit kayu jambu biji merah dikelupas akan terlihat permukaan batang kayunya yang basah.
Bentuk daun bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Biji-bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Buah jambu biji merah warna kulitnya hijau muda dan dalamnya putih, namun makin tua warna buah bagian dalam makin merah dan warna kulit luarnya hijau kekuningan. Saat masih muda rasanya asam, namun jika matang akan berasa manis dan mengandung air. Di dalamnya terkandung tanin, kalori, vitamin A, B1, C, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan air.
Salah satu khasiat dari buah jambu biji merah yang cukup populer adalah untuk menambah kadar trombosit darah penderita demam berdarah. Bahkan, sejak zaman dulu orang sudah memanfaatkan buah ini untuk menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak.
Jambu biji merah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Misalnya saja Diabetes Mellitus (DM). Penyakit yang banyak menghantui orang kota ini dapat disembuhkan dengan cara secara mengkonsumsi buah jambu biji merah, baik dengan cara dimakan langsung atau dijus terlebih dahulu. Itu semua berkat kandungan gula alamiah yang ada di dalam buah yang bisa tumbuh tanpa mengenal musim ini.
Beberapa khasiat buah jambu biji merah lainnya:
  • Menyembuhkan sakit perut atau diare. Caranya, makan sebutir buah jambu biji merah. Kunyah-kunyalah secara rutin hingga sembuh. Untuk diare, sebaiknya menggunakan buah yang masih muda. Apabila yang terserang diare adalah anak kecil / bayi yang masih menyusui, sang ibu bisa mengunyah buah jambu biji merah yang mentah dan menelan airnya (ampasnya dibuang).
  • Mengobati sariawan. Konsumsi buah jambu biji secara langsung atau dijus terlebih dahulu. Bisa juga dengan diparut dan direbus lalu diambil airnya untuk diminum.

0 komentar:

Posting Komentar

Habbatussauda

ads Rp.42.000 ads Rp 30.000 ads Rp 27.000 ads Rp 44.000 ads Rp 45.000 ads Rp 45.000 ads Rp 35.000 ads Rp 40.000

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes